Detail Berita

Image

Kepala BAPPEBTI Tjahya Widayanti menyerahkan dokumen persetetujuan sebagai Penyelenggara Pasar Lelang Komoditas kepada Koperasi Assoisiasi Petani Karet Kuantan Singingi (Apkarkusi). Penyerahan dokumen persetujuan sebagai Penyelenggara Pasar Lelang Komoditas kepada Koperasi Apkarkusi dilakukan secara virtual dari Gedung BAPPEBTI, Jakarta dan Kantor Apkarkusi, Kuantan Singingi, Riau. Dalam kegiatan tersebut, Kepala BAPPEBTI didampingi oleh Kepala Biro Pembinaan dan Pengawasan SRG dan PLK, Widiastuti dan Kepala Biro Peraturan Perundang - Undangan dan Penindakan, M. Syist.

Kepala BAPPEBTI menyampaikan bahwa Koperasi Apkarkusi merupakan salah satu contoh Penyelenggara Pasar Lelang yang muncul karena kebutuhan para pelaku usaha khususnya petani karet di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Sebagai sebuah lembaga yang menampung amanat para petani karet, maka Koperasi Apkarkusi diharapkan untuk terus melakukan inovasi secara terus menerus dan meningkatkan sinergi Pasar Lelang dengan bisnis penunjang lainnya seperti pergudangan, transportasi, maupun pembiayaan.

Bupati Kuantan Singingi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terbitnya persetujuan sebagai Penyelenggara Pasar Lelang Komoditas kepada Koperasi Apkarkusi. Diharapkan dengan adanya Pasar Lelang Komoditas, maka perdagangan karet dapat dilakukan dengan lebih baik dan meningkatkan kesejehteraan petani karet.

Dengan memanfaatkan Pasar Lelang terutama melalui Sistem Pasar Lelang Terpadu (SPLT) diharapkan Koperasi Apkarkusi dapat memperluas jangkauan pemasaran karet dan dapat meningkatkan transaksi karet yang selama ini telah berlangsung setiap minggunya. Koperai Apkarkusi berkomitmen dalam waktu dekat akan memanfaatkan mekanisme SRG dengan mengajukan izin sebagai Calon Pengelola Gudang sehingga terciptanya sinergi antara Pasar Lelang dan Sistem Resi Gudang yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesehjahteraan para petani dan dapat meningkatkan perekonomian daerah Kabupaten Kuantan Singingi dan juga menggerakkan perekonomian nasional melalui komoditas karet.

Turut hadi dalam kegiatan penyerahan dokumen persetujuan secara virtual ini adalah Bupati Kuantan Singingi, Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan Perindustrian Kabupaten Kuantan Singingi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kuantan Singingi, dan perwakilan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UKM Provinsi Riau, serta undangan lainnya di Kuantan Singingi, Riau.

04/08/2020 10.39.52, admin_cms, Penyerahan Perizinan Pasar Lelang.

User Menu